Senin, 15 Desember 2014

Posted by Unknown On 03.46

Kegiatan Puncak Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2014 Tingkat Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini terselenggara pada hari Minggu tanggal 16 November 2014 dan dilaksanakan bertempat di Rest Area MbunderPlayenGunungkidul.

Kesuksesan rangkaian kegiatan ini tidak lepas dari kerjasama yang baik antara PEMDA DIY yang dalam hal ini diwakili Badan Lingkungan Hidup DIY, Kementrian Lingkungan Hidup RI melalui Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa (PPEJ), PEMDA Kabupaten Gunungkidul melalui Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan (KAPEDAL) Gunungkidul dan Komunitas Pecinta dan Peduli Flora-Fauna Lereng Merapi (KOTAPADI FLONA Lereng Merapi) selaku pelaksana teknis kegiatan.

penanaman pohon oleh Kepala BLH
Acara dibuka pada pukul 09.00 WIB dengan dibacakannya sambutan oleh Asekda Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Bapak Didik Purwadi yang mewakili wakil gubernur DIY dan ditandai dengan penanaman beberapa jenis pohon langka, pelepasan satwa burung dan penyerahan hadiah lomba kampung hijau tingkat DIY.



Adapun rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dalam kegiatan tersebut adalah sebagai berikut :


1. Ikrar Cinta Puspa dan Satwa oleh Komunitas Pecinta dan Peduli Flora-Fauna Lereng Merapi (KOTAPADI FLONA Lereng Merapi)

2. Penyerahan Pohon Cemara Udang kepada kelompok Darwis Pantai Nguyahan, Ngobaran, Saptosari, Gunungkidul sebanyak 275 pohon dan Pupuk.

3.  Penanaman 4 jenis pohon langka secara simbolis untuk dilestarikan yaitu: Pronojiwo, Timoho, Wuni dan Pucung/Kluwak.

4.     Pelepasan empat jenis satwa burung yaitu : Pleci, Trothokan, Kutilang dan Pipit/Emprit

5.     Aksi Bersih Lingkungan oleh WWF Yogyakarta

6. Cerdas Cermat dengan Tema Lingkungan Hidup tingkat SMP dan SMA se Kabupaten Gunungkidul
7.      Lomba Mewarnai dengan Tema Lingkungan Hidup tingkat TK/SD
8.    Kontes Seni Suara Alam Burung Istimewa dengan Tiga Kelas utama yaitu Kelas Handayani, Kelas BLH dan Kelas Kotapadi, berikut nama-nama pemenang :
A.    CucakHijau : I. Sugeng(Gunungkidul)  II. Ali (Sleman) III. Teguh (Sleman)
B.     Kenari : I.&II Indra PurbasariIII.ArifYudhi
C.     Pleci  : I. Falen (Magelang)   II. Lhek Butho Mahameru   III. Irdham (Yogya)
9.      Pameran Edukasi :
1.      Beternak Landak Albino
2.      Beternak Burung jenis Love Bird
3.      Cara memperlakukan Ular yang Benar dan Aman
4.      Pemutaran Film Kartun dengan Tema Lingkungan Hidup
5.      Perpustakaan Keliling


Dalam kegiatan ini dukungan partisipasi datang serta Ucapan Terima Kasihpun disampaikan Kepada :  GBPH. Prabukusumo beserta Muspika setempat, Asekda Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Bapak Didik Purwadi yang mewakili Wakil Gubernur DIY, Dr. Immawan Wahyudi, M.Hum selaku Wakil Bupati Gunungkidul, Para donatur : NasmocoBantul, Honda Cendana Bantul, Radio Q, RB FM, Pusaka Tour Indonesia, Bank Saudara Cabang Yogyakarta dan semua pihak yang mendukung kegiatan ini yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.  

sumber gambar : http://www.radarjogja.co.id/wp-content/uploads/2014/11/Kepala-BLH-DIJ-Joko-Wuryantoro-menanam-pohon-langka.jpg 

KOTAPADI FLONA Sleman Yogyakarta 
 

0 komentar:

Posting Komentar