Minggu, 28 Desember 2014

Posted by Unknown On 22.36
Jalan yang terjal berbatu, gerimis yang semakin lama semakin membuat pakaian terasa basah dan dingin tidak mampu menghentikan laju ratusan relawan yang sedianya pagi itu  melaju perlahan tapi pasti menuju Jurang Jero.

Ya pagi itu hari minggu (28/12/2014) kami bersama ratusan relawan lain berlomba menuju Taman Nasional Gunung Merapi wilayah JURANG JERO Srumbung magelan guna melaksanakan acara penanaman pohon oleh teman - teman Forum Merapi Merbabu Hijau yang digawangi mas Jatmiko.

Acara semacam ini sebenarnya sering dilakukan oleh teman-teman FMMH hanya saja kali ini kegiatan sengaja mengajak dan mengikutsertakan relawan lainnya karena memang sudah sewajarnya kegiatan semacam ini harus menjadi perhatian banyak pihak.

Pohon gayam kali ini menjadi fokus jenis pohon yang ditanam karena pohon gayam dewasa memiliki kelebihan utama yaitu mampu menyerap polutan udara seperti debu yang lebih banyak karena tekstur daunnya tebal, lebar serta rimbun dan yang kedua tipikal akar pohon gayam yang cenderung sangat kokoh sangat baik untuk penyimpan cadangan air bersih dan sudah pasti bermanfaat mencegah tanah longsor. 

Gayam yang mempunyai nama latin Inocarpus fagiferus ini oleh masyarakat jawa, mempunyai makna filosofi ‘gayuh’ yang berarti cita-cita dan ‘ayem’ yang mempunyai arti damai, tenang, dan bahagia. Penanaman difokuskan pada tebing-tebing sungai. Di lokasi yang kami tanami masih banyak pohon pinus mercusi, tetapi juga banyak pohon pinus yang mati karena erupsi Gunung Merapi 2010 kemarin.

Sedikit informasi saja bahwa pohon gayam mempunyai manfaat didunia kesehatan karena Gayam memiliki kandungan zat kimia saponin yang berfungsi untuk membersihkan kotoran dalam usus besar dan saluran pencernaan. Selain itu gayam juga memiliki kandungan Flavonoida (zat antioksidan) kandungan ini berfungsi untuk kekebalan tubuh sehingga tubuh terjaga dari berbagai penyakit. Tanin merupakan unsur senyawa yang terdapat pada gayam, berfungsi untuk membantu usus lebih cepat menyerap sari makanan tanpa gangguan mikroba lain yang mengganggu dan menimbulkan pembusukan sebelum proses.

Tapi lepas dari kelebihan tanaman gayam dari semua segi yang paling penting adalah bagaimana kita semua bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan - kegiatan semacam ini. Semoga apa yang dilakukan Rekan - rekan FMMH bisa menjadi inspirasi bagi semua. Salut.

sumber gambar : http://forumhijau.com/wp-content/uploads/2014/12/10612584_755488587875574_5013802504349615587_n-300x168.jpg

KOTAPADI FLONA Lereng Merapi Sleman Yogyakarta.

0 komentar:

Posting Komentar